Rabu, 07 Desember 2016

Tutorial Kontrol LED Melalui Ethernet Menggunakan Android Berbasis Arduino

I. TUJUAN :
- Mahasiswa mampu melakukan kontrol LED melalui Ethernet menggunakan Android berbasis ARduino

II. DASAR TEORI

    Pada tutorial kali akan menjelaskan bagaimana mengontrol LED melalui ethernet menggunakan aplikasi Blynk pada android menggunakan arduino. Hal ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah dalam akses on-off LED dan tidak perlu menggunakan cara manual (switching). Karena perkembangan teknologi pada masa sekarang ini menuntut teknologi otomatis dalam menjalankan aktivitas, sehingga akan mempermudah pengguna dalam hal akses kontrol LED.

III. PERALATAN YANG DIGUNAKAN

- Software Blynk
- Arduino (with cable)
- LED
- 220Ω Resistor
- Android device

IV. LANGKAH PERCOBAAN

A. Pembuatan Rangkaian
1. Sambungkan LED dan Resistor 220 ohm ke arduino seperti gambar rangkaian dibawah ini

B. Install Aplikasi Blynk & Pembuatan Project Aplikasi

1. Download dan install software blynk pada android anda.
2. Kemudian download aplikasi blynk pada android,anda akan butuh untuk membentuk akun baru blynk. Pilihlah “create account”.


3. Lalu login ke akun, mulailah membuat New Project. Berilah nama projek yang akan dibuat.


4. Pilihlah hardware yang digunakan. Dalam percobaan ini menggunakan “Arduino Uno”.


5. Apabila telah dipilih hardware yang digunakan, maka akan mendapatkan auth token. Auth token merupakan sebuah identifikasi unik yang diperlukan untuk menghubungkan perangkat keras untuk smartphone. Catat auth token,dan setelah itu pilih create.


6. Tambahkan widget button sebagai pengontrol on/off LED. Drag and drop widget button tersebut ke project.



7. Lakukan setting pada button tersebut. Jika LED Anda terhubung ke Digital Pin 8, pilih pin D8.


8. Lalu tekan tombol play, di mana dapat berinteraksi dengan perangkat keras. Sementara dalam mode Play, Anda mendapatkan pesan yang mengatakan “Arduino UNO offline”. Sehingga diperlukan setting terlebih dahulu pada arduino nya yakni dalam hal programnya.


C. Setting hardware pada Arduino

1.Buat Hardware >instal library blynk pada komputer anda : click here > download Blynk_Release_v0.4.0.zip > save ke folder aplikasi arduino.


2. Buka aplikasi arduino, maka library blynk sudah tersedia

3. Jalankan aplikasi sketch arduino. Masukkan program seperti gambar dibawah ini


4. Setelah program diketikkan, simpan kedalam file yaitu dengan klik pada menu file >> save atau save as, pilih folder yang akan digunakan menyimpan file.
5. Setelah menyimpan sketch program, jalankan program dengan cara mengklik menu sketch pilih Verify/Compile. Atau bisa juga dengan menekan shortcut Ctrl + R pada keyboard.
6. Setelah selesai diverifikasi, maka kita dapat langsung mengupload program ke arduino yaitu dengan mengklik symbol upload, atau dari menu file pilih upload. Sebelumnya kita harus mengecek dulu port mana pada komputer yang terhubung ke arduino. Port USB arduino harus sesuai dengan settingan pada sketch, caranya pilih tools – serial port.


D. Menjalankan LED Menggunakan Android

1. Apabila program selesai dibuat untuk simulasi hardware arduino, cobalah lakukan koneksi antara android dan arduino untuk menghidupkan LED secara ON/OFF.
2. Kemudian buka project aplikasi blynk yang telah dibuat, kemudian coba simulasi dengan menekan tombol “Play” untuk melakukan koneksi antara hp smartphone dengan arduinio. Hasilnya pada gambar di bawah ini.

                                                        Gambar 1. Saat LED OFF

                                                             Gambar 2. Saat LED ON

3. Percobaan Selesai

ANALISA

      Pada praktikum ini kita dapat mengontrol LED melalui Ethernet menggunakan Android Berbasis Arduino dan mempermudah aktifitas pengguna dalam kehidupan sehari-hari, Dimana lebih efisien jika dibandingkan kita mengontrol LED secara manual (switching).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon jika ada masukan atau saran
[Gunakan Nama]