Rabu, 02 November 2016

Tutorial Pembuatan Aplikasi GPS menggunakan App Inventor

Sebelum memulai tutorial, saya akan menjelaskan sedikit tentang beberapa hal.
1. Android
Android adalah sebuah nama untuk system operasi pada suatu gadget seperti komputer tablet dan smartphone. Sistem operasi yang digunakan berbasis linux. Logo android berbentuk robot dengan dua antenna dikepalanya ini melambangkan bahwa android merupakan simbolisasi dari system operasi kelas atas untuk gadget dan smartphone.
klik untuk memperbesar 
 (sumber: http://www.berbagiinfo4u.com/2013/06/apa-itu-android.html)
2. App Inventor
Aplikasi yang beralamat di http://appinventor.mit.edu/ ini merupakan aplikasi web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memprogram komputer, untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi system operasi android. App inventor ini menggunakan antar muka grafis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat android.
klik untuk memperbesar
(sumber:wikipedia)
3. MEmu App Player
Aplikasi yang beralamat di http://www.memuplay.com/ ini merupakan sebuah emulator android yang powerful, yang bertujuan untuk menyediakan pengalaman terbaik dalam memainkan game dan aplikasi android pada PC. Emulator android ini terbilang cukup baru, namun dapat memberikan performa yang cukup handal. Namun kita tetap bisa menggunakan emulator android apa saja, yang kita inginkan.
(sumber:memuplay.com)
klik untuk memperbesar 




4. Google Maps 
    Kini tersedia untuk Android dan menawarkan layanan penuh yang dimiliki Google. Aplikasi ini merupakan penggabungan dari GPS dan Google Maps. Anda akan menemukan rute terbaik dengan Google Maps, sehingga tidak akan tersesat di kota besar mana pun di dunia.
     Anda akan lebih mudah menggunakan aplikasi peta ini pada smartphone dan tablet Android dengan desain terbaru. Cara pengoperasiannya juga sangat mudah dengan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai suatu tempat dan menampilkan lokasinya dengan cepat merupakan fitur utama yang ditawarkan Google Maps. 
      Untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus terhubung ke internet dengan sambungan cepat yang bertujuan mengunduh peta secara langsung. Hal lain yang dapat dilakukan layanan ini adalah penggunaan GPS dari aplikasi untuk mengetahui posisi Anda berada. Aplikasi ini juga mengizinkan Anda untuk menentukan rute terdekat dari sebuah tempat dengan menggunakan alat transportasi berbeda. Oleh sebab itu, Google Maps sangat dibutuhkan bagi orang yang sering bepergian agar tidak tersesat.
     Membuat aplikasi yang dapat digunakan pada platform android tidaklah harus terlalu memahami bahasa pemrograman java dll,tetapi dapat menggunaka app inventor.app inventor merupakan sebuah aplikasi web based editor yang digunakan untuk membuat aplikasi android dengan script yang sudah disediakan.script tersebut dibuat seperti blok-blok logika yang berkaitan.blok-blok ini yang kemudian menggantikan fungsi dari bahasa pemrograman seperti java.
     Pada tutorial ini membahas bagaimana membuat sebuah aplikasi GPS berbasis android menggunakan appinventor. Aplikasi ini bukan hanya melihat koordinat secara realtime , melainkan dapat merekam jejak pengguna . Sehingga pengguna dapat melihat rute mana saja yang ia telah lalui. Salah satu fungsi aplikasi ini adalah saat user kebingungan mencari kendaraan yang diparkir pada tempat yang luas seperti stadion. Dengan aplikasi ini user dapat mengetahui posisi kendaraan diparkir dengan mudah.
Pada aplikasi ini mempunyai tiga kompenen utama , yakni :
  • Location Sensor
  • TinyDB-untuk menyimpan data
  • ActivityStarter-untuk membuka map 
Berikut langkah - langkah pembuatan aplikasi :

1. Membuat interface aplikasi
  komponen yang diperlukan :
  • Label 
  • Horizontal Arrangement
  • Push button
  • Location Sensor
  • Tiny DB
  • Activity Starter
   Bangun interface seperti gambar dibawah ini dengan komponen diatas :


Tambahan : Jika ingin mendesain background aplikasi dapat dilakukan dengan cara :
Klik Screen 1 pada components -> Klik Background images pada Properties -> Upload file

Sebelum perancangan block , untuk mempermudah perancangan block  , beri nama tiap components sesuai keinginan untuk mempermudah pembuatan block, contoh :


 2. Desain Block
  •  Block sensor lokasi :


  • Block tombol remember 
 Pada tombol ini untuk mengingat lokasi ketika tombol ini ditekan sehingga lokasi tersimpan kedalam database

  • Block map
Pada block ini mengatur source code pengambilan map. Dalam block source map berasal dari google maps

  • Block Screen1
Pada block ini untuk setting tampilan awal ketika aplikasi baru dibuka. applikasi disetting ketika dibuka maka akan menampilkan lokasi sebelumnya yang sudah tersimpan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon jika ada masukan atau saran
[Gunakan Nama]